Categories
Update

Pak JK Siap Membantu Perdamaian Afghanistan dengan Kelompok Taliban

jpnn. com, JAKARTA – Ketua Ijmal Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyatakan kesiapannya untuk memediasikan jalannya perundingan antara pemerintah Afghanistan dengan kelompok Taliban demi terwujudnya perdamaian di negara itu.

jpnn. com , JAKARTA awut-awutan Ketua Umum Dewan Masjid Nusantara (DMI) Jusuf Kalla menyatakan kesiapannya untuk memediasikan jalannya perundingan jarang pemerintah Afghanistan dengan kelompok Taliban demi terwujudnya perdamaian di negeri itu.

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI yang pelik dipanggil dengan inisial JK tersebut juga berencana mengundang pihak dengan berkonflik guna melakukan dialog dalam Jakarta.

“Tentunya untuk perdamaian kita selalu bersedia untuk membantu, ” ucap JK dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (25/12).

Baca Juga:

Sebelumnya, Presiden Republik Islam Afghanistan Ashraf Ghani menjamu JK di Gulkana Palace, Kompleks Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul, Kamis malam (24/12).

Dalam pertemuan tersebut Ghani secara tegas meminta JK untuk memimpin perundingan tenang tersebut.

Selanjutnya pada hari ini, Presiden Ashraf Ghani bersama Jusuf Kalla menunaikan salat Jumat bersama di Langgar ARG Palace, Kompleks Istana Kepresidenan Afghanistan, Kabul.

Baca Juga:

Kehadiran JK pada Afghanistan membawa serta Hamid Awaluddin yang merupakan Ketua Juru Runding Helsinki untuk Perdamaian Aceh.

Selama berada di Kabul, JK juga telah berdebat dan bertukar pikiran tentang perdamaian dengan Menteri Urusan Haji serta Agama Afghanistan Muhammad Qosim Halimi, Menteri Luar Negeri, serta Tim Juru Runding Afghanistan. (antara/jpnn)