Categories
Update

Menko Airlangga Apresiasi Kontribusi Kampus UGM dalam Berinovasi Alat Uji Covid-19

jpnn. com, YOGYAKARTA – Menteri Koordinator Tempat Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi pengkaji UGM yang melakukan inovasi serta berhasil menemukan alat uji Covid 19 yang lebih simpel dan murah.

jpnn. com , YOGYAKARTA – Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi peneliti UGM yang melakukan inovasi serta berhasil menemukan alat uji Covid 19 yang lebih simpel dan murah.

Alat uji tersebut dinamakan Ge-Nose C19.

Apresiasi itu disampaikan Airlangga saat mengikuti acara Perayaan Nitilaku Perguruan Kebangsaan Universitas Gadjah Mada (UGM) 2020, sekaligus peringatan Dies Natalis UGM yang ke-71 dengan dilakukan secara daring, Minggu (13/12).

Baca Pula:

“Saya mengapresasi dalam masa pendemi, Sinergi 5K (Kampus, Keraton, Daerah, Komunitas, dan Korporasi) telah terbukti mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Peneliti UGM telah menghasilkan terobosan inovasi melalui alat Ge-Nose C19, yang merupakan pengembangan uji Covid-19 yang simpel, murah dan cepat mendapatkan hasil, hanya melalui embusan nafas, ” ucap Airlangga.

Terobosan ini, logat Airlangga, bisa menjadi solusi uji Covid-19 yang lebih efektif serta cepat di tengah tingginya mobilitas masyarakat.

“Inovasi dari kampus dan sinergi jarang kampus dan korporasi seperti ini lah yang perlu direplikasi oleh segenap universitas di Indonesia, ” kata Airlangga.

Baca Juga:

Peran kampus menurut Airlangga tidak hanya menjalankan aktivitas pendidikan namun juga mampu berkontribusi menyiasati jalan keluar terhadap berbagai tantangan di masyarakat.

“Universitas Gadjah Mada terus tumbuh, dan keberadaannya mampu membuktikan bahwa institusi ini telah menjadi pemimpin pada bidang pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat”, ujar mantan Menteri Perindustrian itu.