Categories
Update

Pura Calon Kapolri: 5 dari 13 Komjen Paling Berpeluang, Berikut Nama-namanya

jpnn. com, JAKARTA – Ketua Presidium Nusantara Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan 5 dari 13 perwira tinggi (pati) berpangkat komisaris jenderal (komjen) atau jenderal bintang tiga, berpeluang besar menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis dengan akan pensiun Januari 2021.

jpnn. com , JAKARTA – Ketua Presidium Nusantara Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan 5 dari 13 perwira tinggi (pati) berpangkat komisaris jenderal (komjen) atau jenderal kartika tiga, berpeluang besar menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis dengan akan pensiun Januari 2021.  

“IPW menilai dari 13 komjen itu hanya 5 komjen yang mempunyai peluang besar buat menjadi Kapolri, ” kata Neta, Senin (30/11).

Selebihnya, kata Neta, terdapat sejumlah kendala. Misalnya, faktor angkatan yang lebih senior dari Jenderal Idham Azis serta masa dinas dengan hampir pensiun dan faktor yang lain.

Baca Pula:

Namun Neta berujar, 13 komjen tetap bisa ikut masuk di bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.  

Menurutnya, dari 13 komjen itu enam di antaranya bertugas di internal Polri. Delapan komjen lainnya bertugas di luar Polri.

“Meski komjen yang bertugas di internal Polri lebih berpeluang menjadi Kapolri tetapi para Komjen yang bertugas di luar kepolisian juga tetap memiliki peluang cukup besar, ” membuka Neta.  

Baca Juga:

Ia lantas mencontohkan beberapa pati Polri berpangkat komjen  yang sebelumnya bertugas di asing Polri kemudian menjadi Kapolri.  

Yakni, bekas Kapolri Jenderal (Purn) Sutanto, Ustaz Bachtiar dan Tito Karnavian.