Categories
Update

Benarkah Ketumbar Bisa Bantu Turunkan Mahkota Kolesterol?

jpnn. com – Ketumbar bisa membuat masakan terasa bertambah sedap dan nikmat. Namun rupanya, tak hanya bermanfaat sebagai komposit dalam makanan, ketumbar juga dipercaya punya manfaat kesehatan. Salah kepala yang banyak diyakini orang keistimewaan ketumbar untuk menurunkan kadar kolesterol mulia. Apakah klaim manfaat ketumbar untuk kolesterol tersebut sudah tepat?

jpnn. com – Ketumbar bisa membuat masakan terasa lebih lembut dan nikmat. Namun rupanya, tidak hanya bermanfaat sebagai campuran di makanan, ketumbar juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan.

Salah satu yang banyak diyakini orang kebaikan ketumbar untuk menurunkan kadar  kolesterol tinggi. Apakah klaim manfaat ketumbar untuk kolesterol tersebut sudah pas?

Ketumbar berkhasiat turunkan kolesterol?

Baca Juga:

Menyambut pertanyaan tersebut,   dr. Arina Heidyana  mengamini kalau biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman  Coriandrum sativum  itu berkhasiat untuk penanggung kolesterol tinggi.

“Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, benar ada manfaat ketumbar untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya karena kandungan antioksidannya, ” perkataan dr. Arina.

Penelitian terkait klaim ini lengah satunya pernah dilakukan pada 2012 dan dimuat dalam  International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences.

Baca Juga:

Dalam studi ini, peneliti mau melihat efek ketumbar pada kelinci yang diberi makanan tinggi kolesterol selama 120 hari.

Kelinci yang diberikan diet tinggi kolesterol mengalami peningkatan signifikan kadar trigliserida dan kolesterol  low-density lipoprotein  (lemak jahat).