Categories
Update

BNPB Tak Mau Ada Pilkada di Daerah Zona Oranye & Merah

jpnn. com, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan kalau ada syarat ketat bagi kawasan yang bisa melaksanakan Pilkada 2020. Menurut Kepala Pusat Data Keterangan dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo, daerah yang bisa menggelar Pilkada 2020 harus tercatat dalam zona kuning atau hijau pada masa pandemi Covid-19.

jpnn. com , JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa ada syarat ketat bagi daerah yang bisa melaksanakan Pilkada 2020.

Menurut Kepala Pusat Masukan Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo, daerah dengan bisa menggelar Pilkada 2020 harus termasuk dalam zona kuning ataupun hijau pada masa pandemi Covid-19.

“Syarat buat melaksanakan pilkada, zonasinya diubah menjadi kuning dan hijau, ” sebutan Agus saat menjadi pembicara dalam diskusi daring dengan tema Menimbang Pilkada 2020: Pasti 9 Desember 2020 atau Ditunda Demi Keselamatan Bersama yang digelar Persatuan Wartawan Nusantara (PWI), Kamis (24/9).

Baca Juga:

Agus dengan menjadi pembicara untuk mewakili Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo itu menjelaskan, data per 20 September 2020 menunjukkan jumlah daerah yang menyelenggarakan pilkada dan berkategori zona merah. Jumlah daerah yang masuk kategori oranye juga meningkat.

Di sisi lain, kata dia, jumlah daerah yang akan melaksanakan pilkada serta masuk zona kuning mengalami kemerosotan. Begitu pula daerah berstatus zona hijau yang juga mengalami kemerosotan jumlah.

“Jadi, ini menunjukkan kasusnya tinggi. Ini sedang tinggi. Bahkan, pertambahan kasus sampai 4 ribu per keadaan, ” tutur Agus.

Baca Juga:

Namun, Agus tidak memerinci data soal daerah berdasar zonasi Covid-19 yang hendak melaksanakan pilkada. Dia hanya menjelaskan daerah zona merah berarti mempunyai tingkat penularan Covid-19 tinggi.

Adapun daerah berzona oranye memiliki tingkat penularan Covid-19 sedang. Zona kuning berarti tingkat penularannya rendah, sedangkan hijau telah tidak ada kasus Covid-19 lagi.